Pekan perkenalan adalah kegiatan mengenalkan pesantren kepada masyarakat pesantren baik masyarakat yang baru saja menghirup udara di pesantren maupun yang sudah lama, supaya mereka lebih mengenal kembali, memahami kembali dan menjiwai kembali jiwa-jiwa pesantren.

Porseni, salah satu acara dalam kegiatan khutbatul 'arsy
Porseni, salah satu acara dalam kegiatan khutbatul ‘arsy

Yang dalam kegiatan tersebut di isi salah satunya dengan Khutbatul Arsy, menurut istilah bahasa dari definisi tersebut adalah Khutbah yang dilaksanakan di atas langit, artinya yang berkhutbah di atas langit, yang mendengarkan di atas langit, kenapa? Karena yang disampaikan tentang nilai-nilai pesantren, jiwa-jiwa pesantren yang di dalamnya di dasari oleh Al-Qur’an dan Al-Hadits. Artinya, kegiatan ini sangat mulia, memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan pesantren , arti perjuangan, arti kehidupan dan arti keilmuan.

Aneka lomba, salah satu kegiatan khutbatul 'arsy
Aneka lomba, salah satu kegiatan khutbatul ‘arsy

Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangat penting bagi seluruh santri , pemahaman dan pengenalan tidak cukup sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khitah awal pendirian pesantren.

Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru oleh pesatren-pesantren, khususnya pesantren modern, seperti Pesantren Darussalam Gontor.

Selamat mengikuti !

Sumber : baitul-arqom.ac.id

Tinggalkan komentar